Esensi dan Urgensi Aktivitas Monitoring dan Evaluasi

Monitoring dan Evaluasi (Monev) merupakan salah satu tahapan penting dalam rangka melakukan perbaikan berkelanjutan bagi sebuah program, tak terkecuali program Etos ID. Monev menjadi agenda rutin setiap semester yang bertujuan menghasilkan rekomendasi perbaikan yang akan dijalankan pada semester berikutnya.

Monev Semester 1 berlangsung selama empat pekan mulai 2 Juli hingga 20 Juli 2022.

Jika dilihat dari aktivitas yang dilakukan, kegiatan ini terdiri atas dua aktivitas utama yakni monitoring dan evaluasi. Monitoring sendiri menurut KBBI berasal dari kata monitor yang artinya pengawasan dan tindakan memverifikasi kebenaran operasi suatu program selama pelaksanaannya berdasarkan rutin diagnostik yang digunakan dari waktu ke waktu untuk menjawab pertanyaan tentang program tersebut. Maka bisa dimaknai bahwa tujuan utamanya adalah untuk melakukan pengecekan kesesuaian antara rencana dan pelaksanaan. Di situ lah letak esensi utama dari aktivitas monitoring.

Sedangkan evaluasi, secara istilah sudah menjadi kata umum yang bisa dipahami. Esensi utamanya yaitu untuk menghasilkan catatan-catatan yang dapat disimpulkan dari proses monitoring. Fokus evaluasi lebih ditujukan pada sisi melihat dan menganalisis sebab dari sebuah proses program yang bisa berjalan dan tidak berjalan; efektif dan tidak efektif; dan seterusnya. Sehingga monitoring dan evaluasi memang dua aktivitas yang saling berkaitan satu dengan dengan yang lain.

Program Etos ID secara sadar dan terjadwal berupaya melakukan monitoring dan evaluasi yang dijalankan setiap satu kali per semester (6 bulan). Pada setiap kegiatan monev, pengelola selalu mendapatkan banyak insight yang menjadi bahan perbaikan program pada semester berikutnya atau pada masa yang akan datang.

Ada satu prinsip yang sangat penting yaitu bahwa monev tidak berjalan hanya satu arah, manajemen Etos ID melakukan pengecekan aktivitas program di wilayah dan memberikan feedback. Namun manajemen pusat bersama dengan manajemen wilayah (fasilitator) dan penerima manfaat duduk bersama untuk melihat secara obyektif setiap proses yang telah dilakukan dan didapatkan selama enam bulan ke belakang. Sehingga pada akhirnya dihasilkan catatan yang berasal dari sisi pengelola program yang terkonfirmasi oleh penerima manfaat program, dalam hal ini penerima manfaat Etos ID (etoser).

Semoga aktivitas monitoring dan evaluasi yang dijalan setiap semester bisa berdampak signifikan terhadap perbaikan dan kemajuan program secara berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories
Instagram
ETOS ID logo

Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya

– Ki Hajar Dewantara, Tokoh Pendidikan –